5 Manfaat Mempelajari Pendidikan Antikorupsi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pendidikan Antikorupsi

Faktanya, kasus korupsi seolah-olah menjadi penyakit yang menjamur di negeri ini. Masalah korupsi menjadi topik yang selalu diperbincangkan di berbagai media. Itulah pentingnya #KawanAksi yang akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia selanjutnya harus sadar dan paham tentang pentingnya pendidikan antikorupsi.

 

Perlu adanya perubahan baru dalam menanamkan kebaikan mulai dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga. Perlu komitmen kuat dan langkah konkrit dalam menanamkan nilai kejujuran pada diri setiap generasi muda agar terbentuk pribadi mulia, jujur serta bertanggung jawab dengan segala yang diamanahkan kepada mereka. Dengan demikian, keluarga memiliki tugas besar dalam merealisasikan hal itu. Namun, semua dapat berjalan sesuai harapan apabila tidak hanya ada peran nyata dari pihak lingkungan terdekat yaitu keluarga, namun pihak sekolah, dan juga dukungan pemerintah serta partisipasi aktif masyarakat juga dibutuhkan.


Tujuan dari  pendidikan antikorupsi ini untuk menyadarkan #KawanAksi yang akan menjadi generasi penerus mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi. Dengan harapan tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan sanksi yang akan diterima jika melakukannya. Serta, menciptakan generasi muda bermoral baik dan membangun karakter teladan agar generasi mendatang tidak melakukan korupsi sejak dini. Harapannya, #KawanAksi dapat merasakan manfaat mempelajari pendidikan antikorupsi tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Berikut contoh manfaat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari #KawanAksi jika mempelajari pendidikan antikorupsi:

 

Tidak ada kemiskinan

Dengan memiliki sikap antikorupsi, menjadikan tingkat korupsi rendah karena sudah banyak yang sadar bahwa korupsi tersebut merugikan dan merupakan perilaku yang tidak terpuji. Dan hal ini menjadikan tingkat kasus korupsi rendah dan berdampak pada keuangan negara dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja yang besar. Lapangan kerja ini diantaranya dengan melakukan pembangunan padat karya, seperti membangun infrastruktur yang pada akhirnya akan dipergunakan oleh masyarakat luas dengan harapan akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

 

Anak-anak mendapat hak sekolah

Hak setiap warga negara untuk mendapat pendidikan diatur pada Undang-undang Dasar 1945 pada pasal 31. Dengan negara yang bebas korupsi, maka pemanfaatan anggaran pendidikan yang diprioritaskan sekurang-kurangnya 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan wajib dasar 9 tahun.

 

Kesehatan masyarakat yang terjamin

Alokasi APBN dalam menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat dapat maksimal. Salah satu bentuk usaha pemerintah saat ini adalah dengan diadakannya membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

 

Lingkungan Asri

Pemerintah dapat membangun fasilitas publik yang ramah lingkungan dan asri. Sebagai sarana untuk masyarakat berkumpul dan bersosialiasi seperti taman-taman, sarana olahraga yang dapat digunakan oleh siapa saja.

 

Kenyamanan transportasi umum

Dengan dibangunnya infrastruktur maka salah satu bentuknya adalah membangun fasilitas transportasi umum yang nyaman, yang pada akhirnya akan merubah kebiasaan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum, dan hal ini akan menurunkan tingkat kemacetan. Dengan menurunnya tingkat kemacetan maka akan meningkatkan efesiensi ekonomi dalam hal ini salah satunya distribusi. Biaya  transportasi akan semakin rendah, dan diikuti dengan  harga turun maka barang-barang semakin terjangkau.

5 Manfaat Mempelajari Pendidikan Antikorupsi Dalam Kehidupan Sehari-hari 5 Manfaat Mempelajari Pendidikan Antikorupsi Dalam Kehidupan Sehari-hari Reviewed by Penulis Blog on 5:15 PM Rating: 5
Powered by Blogger.