Tips Mudah Manajemen Sampah Saat Berada di Rumah

 

Manajemen Sampah

Disadari atau tidak, sampah menjadi salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan rumah tangga. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sampah adalah permasalahan yang kerap terjadi dan tentu saja sangat merepotkan, terutama jika menumpuk dan mengeluarkan bau. Oleh karenanya, manajemen sampah, terutama untuk sampah rumah tangga, perlu untuk dilakukan. 

Ya, dengan ada manajemen yang baik pada sampah yang dihasilkan rumah tangga, tentu saja permasalahan sampah setidaknya bisa dicegah dan diantisipasi. Tumpukan sampah yang menggunung nantinya tidak terjadi lagi dan tentu lingkungan rumah pun selain terlihat lebih bersih, juga akan lebih sehat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk manajemen sampah saat berada di rumah. Apa saja tips yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Tips Manajemen Sampah Rumah Tangga

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah manajemen sampah yang dihasilkan rumah tangga. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Mencegah sampah

Agar masalah sampah terutama penumpukan sampah tidak terjadi, maka tindakan pencegahan sampah merupakan langkah awal yang perlu dan penting untuk dilakukan. Perihal pencegahan sampah ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan cukup efektif dan mudah, seperti:

Menolak penggunaan kantong plastik ketika berbelanja dan memilih untuk membawa tas belanja sendiri yang bisa digunakan berulang kali. Selain itu, membawa kotak bekal sendiri yang bisa dijadikan alasan untuk mengurangi penggunaan Styrofoam serta tidak menggunakan alat makan dari plastik yang tidak bisa digunakan kembali.

Membawa botol minum sendiri dan mengurangi pembelian air minum atau aneka minuman yang menggunakan kemasan plastik

Tidak membeli sesuatu yang cenderung tidak diperlukan di mana bisa berpotensi untuk menghasilkan sampah

Mengganti penggunaan tissue dengan sapu tangan untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari penggunaan tissue yang umumnya hanya sekali pakai saja

Beberapa hal di atas bisa menjadi langkah yang efektif untuk mengurangi sampah. Tentu saja, agar langkah tersebut berhasil, maka perlu konsistensi yang tinggi.

2) Memilih sampah

Selain mencegah sampah, memilah sampah yang dihasilkan juga merupakan cara yang tepat untuk melakukan manajemen sampah tersebut. Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa kehidupan bisa dikatakan cukup susah terbebas dari sampah.

Terkait pemilahan sampah, dalam hal ini, Anda bisa menggunakan beberapa klasifikasi sampah untuk pembagian. Beberapa klasifikasi yang disarankan adalah sampah beracun dan berbahaya, sampah anorganik dan juga sampah organik.

Jenis sampah anorganik seperti kertas, kardus, botol plastik dan lainnya bisa didaur ulang untuk menjadi barang baru yang berguna. Atau, Anda juga bisa menjualnya di pengepul.

Selain itu, sampah organik seperti daun, ranting, sisa makanan dan lainnya bisa dibuat menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah yang termasuk golongan berbahaya seperti baterai, kabel dan lainnya bisa didaur ulang atau dibuang tersendiri. 

3) Mengolah sampah

Proses manajemen sampah selanjutnya yang penting dilakukan adalah mengolah sampah. Tujuan dari pengolahan sampah tentu saja mendapatkan manfaat dari sampah tersebut baik berupa keuntungan atau penghasilan tambahan serta barang baru yang bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

Beberapa hal di atas merupakan langkah manajemen sampah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga. Tentu saja, dengan proses manajemen yang baik, sampah yang dihasilkan nantinya akan tetap memiliki nilai guna bahkan menguntungkan dan tentu tidak hanya berakhir di tempat pembuangan akhir.

Tips Mudah Manajemen Sampah Saat Berada di Rumah Tips Mudah Manajemen Sampah Saat Berada di Rumah Reviewed by Penulis Blog on 9:43 AM Rating: 5
Powered by Blogger.