Belajar Elektronika Dasar untuk Pemula

belajar elektronika
Belajar elektronika,mungkin sebagian dari Anda merasa untuk mempelajarinya adalah hal yang sulit. Dari namanya saja sudah terlihat cukup rumit—Elektronika. Nah, sebenarnya apa elektronika dasar itu? Kalau dilihat dari pengertiannya, apa pengertian si Elektronika Dasar? Elektronika dasar adalah bagian dari ilmu elektronika itu sendiri yang mana mempelajari dasar-dasar komponen, tegangan, rangkaian serta karakteristik yang harus dipahami dan dimengerti untuk membangun sebuah peralatan elektronika.

Anda tertarik mempelajari elektronik dasar? Kalau iya dan bingung harus memulainya dari mana Anda bisa tengok materi pembelajarannya di sini. Paling tidak ada 6 materi elektronika dasar yang harus dikuasai oleh pemula. Berikut materi elektronika dasar yang Anda bisa pelajari:

Teori Dasar Listrik 
Materinya adalah mempelajari dasar-dasar listrik seperti arus listrik, sumbernya, kegunaannya, penghantar listrik, kuat arus listrik, hambatannya, tegangan listrik, arus listrik, arus searah dan arus bolak-balik. 
Anda harus bisa menguasai teori dasar listrik ini terlebih dulu karena dalam praktek elektronika dasar Anda akan selalu berhubungan dengan listrik yang menjadi sumber daya untuk menghidupkan sebuah rangkaian elektronika. 

Peralatan Kerja
Materi ini membahas seputar peralatan kerja yang dipergunakan dalam praktek. Peralatan kerja yang dimaksud antara lain, tang, obeng, multimeter, solder, desoldering. 
Komponen Elektronika
Komponen-komponennya yaitu kondensator, resistor, transistor, IC (Integrated Circuit), dioda, dll.

Tahukah Anda kalau sebuah perangkat elektronika itu adalah perpaduan beberapa komponen elektronika? Rangkaian elektronika tersusun dari beberapa komponen yang tiap komponennya mempunyai karakteristik berbeda baik dari bahan pembuatnya, fungsi, jenisnya, cara pemakaian dan nilainya. Oleh karena itu, untuk belajar elektronika mulailah dengan mengenal komponen-komponen elektroniknya untuk mempermudah Anda dalam memahami ilmu elektronika dan dalam prakteknya. 

Selain komponen elektronika, teori dasar listrik dan peralatan kerja, masih terdapat materi pembelajaran elektronika dasar, di antaranya:

Menguji dan mengukur komponen elektronika
Dalam menguji ataupun mengukur komponen elektronika, dibutuhkan alat multimeter (AVO meter). Untuk itu Anda juga harus belajar mengenai multimeter.
Rangkaian Elektronika Sederhana
Karena inti belajar dari mempelajari elektronika dasar ialah mampu merakit juga memperbaiki rangkaian elektronika, sebagai pemula Anda bisa memulainya dengan mengetahui dasar-dasar merangkai elektronika.
Mengenal PBC
PBC (Printed Circuit Board) atau papan baku PBC, media paling umum yang dipakai dalam merakit atau merangkai komponen. PBC digunakan untuk berbagai proyek elektronika misal tone control, amplifier, power supply, dll.

Elektronika mempunyai arti—ilmu tentang pembelajaran peralatan listrik berarus lemah yang pengoperasiannya dengan mengendalikan pergerakan elektron atau partikel yang bermuatan listrik di dalam sebuah peralatan seperti semikonduktor, komputer, peralatan elektronik, termokope dll. Dengan materi belajar elektronika di atas, Anda bisa mencoba-coba merangkai komponen elektronika sendiri. Pahamilah kesemua materinya dan perbanyaklah praktek merangkai elektronika.
Belajar Elektronika Dasar untuk Pemula Belajar Elektronika Dasar untuk Pemula Reviewed by Ayead Gaptek on 11:38 PM Rating: 5
Powered by Blogger.